Rabu, 29 Desember 2010

10 Film Bela Diri Terpopuler Sepanjang Masa

1. Fist of Fury - Bruce Lee (1972)
Film ini bercerita mengenai Chen Zhen (Bruce Lee), murid terbaik dari Huo Yuanjia seorang kung-fu master pendiri organisasi bela diri Jing Wu yang sekarang ini tersebar hampir di seluruh belahan dunia. Kepahlawanan Chen Zhen dalam membela harga diri negara, guru dan perguruannya telah menjadi inspirasi sepanjang masa. Apalagi karena tokoh Chen Zhen dan Huo Yuanjia serta perguruan Jing Wu, didasarkan oleh sejarah nyata, bukan sekedar dongeng belaka.
Pada tahun 1994, Jet Li kembali mengangkat kepopuleran tokoh Chen Zhen melalui film Fist of Legend
Pada tahun 2010, Donnie Yen membuat film yang merupakan sequel langsung dari kedua film diatas, dengan judul: Legend of The Fist: The Return of Chen Zhen

2. Enter the Dragon - Bruce Lee (1973)
Film ini merupakan tonggak sejarah penting bagi perfilman bela diri asia. Karena untuk pertama kalinya Hollywood yang terpesona dengan kharisma dan keterampilan bela diri Bruce, bersedia mengangkat film Asia ke layar perak Hollywood. Dimana dengan otomatis Bruce Lee, Bapak dari "Mixed Martial Arts" ini menjadi superstar Asia pertama yang dapat disejajarkan dengan aktor-aktor papan atas di Hollywood pada saat itu. Di Film ini Bruce berperan sebagai Lee, seorang jago kung-fu jebolan Kuil Shaolin yang ditugaskan untuk menangkap seorang penghianat Kuil Shaolin bernama Han yang gemar melakukan pertandingan bela diri pada sebuah pulau terpencil. Lee menyamar sebagai salah seorang kontestan untuk menangkap Han. Film ini juga turut mengangkat nama Bolo Yeung yang saat itu bermain menjadi tokoh antagonis melawan Bruce Lee. Film ini turut diramaikan oleh bintang tenar hollywood pada jaman itu, Jim Kelly dan John Saxon yang berperan sebagai teman seperjuangan Bruce Lee.

3. Drunken Master - Jackie Chan (1978)
Berbeda dengan Bruce Lee yang selalu serius dalam mengalahkan musuh-musuhnya. Jackie Chan yang tampil sebagai tokoh Wong Fei-Hung, tampil kocak dan sering terlihat bermain-main dalam menghadapi lawan. Mengisi kekosongan dunia perfilman kungfu saat itu, Jackie hadir dengan membawa kesegaran yang luar biasa melalui penampilannya yang unik dan inovatif, yaitu berkung-fu gaya mabuk! Kontan saja film ini mengangkat Jackie Chan menjadi superstar Kung-fu. Berkat ketekunan dan konsistensinya, Jackie kini menjadi salah satu superstar Asia yang bisa exist di Hollywood.
Pada Tahun 1994, sequel dari Drunken Master dirilis dengan judul The Legend of Drunken Master, yang dibintangi oleh Jackie Chan sendiri.

4. The Karate Kid - Ralph Macchio (1984)
Meskipun film ini tidak bisa terbilang film bela diri keras ataupun dipenuhi dengan action yang super seru. Namun film yang condong ke arah romantis ini mengandung banyak filosofi bela diri berharga yang patut untuk ditiru. Khususnya hubungan yang sangat erat dan akrab antara sang "Karate Kid" Daniel Larusso (Ralph Macchio) dengan sang guru Mr. Kesuke Miyagi (Pat Morita). Kontan saja Ralph yang imut dan ganteng menjadi idola para gadis remaja pada saat itu.
Sequel dari film ini berlanjut dengan judul: The Karate Kid II dan The Karate Kid III yang keduanya tetap dibintangi oleh Ralph dan Pat Morita.

5. Blood Sport - Jean-Claude Van Damme (1988)
Film ini terinspirasi kisah nyata Frank Dux (Van Damme), seorang ahli bela diri yang memang pernah memenangkan tournament mematikan. Menampilkan perpaduan antara tubuh kekar berotot dengan tendangan tinggi mematikan, pukulan Dim-mak serta split yang terbilang sangat luwes untuk ukuran seorang pria dengan tubuh sebesar itu, Van Damme memukau penonton dan mengukuhkannya menjadi salah seorang bintang film bela diri international. Diramaikan pula oleh Bolo Yeung yang menjadi populer dengan nama Chong Li.
Selanjutnya, dirilis sequel dengan judul Bloodsport 2 (1996) ,Bloodsport 3 (1996), Blood Sport: The Dark Kumite (1999) yang semua tokoh utamanya diperankan dengan baik oleh Daniel Bernhardt sebagai Alex Cardo.

6. Above the Law - Steven Seagal (1988)
Ditengah maraknya film bela diri yang menampilkan kelincahan tendangan, serta kekuatan pukulan, Steven Seagal hadir membawa kesegaran. Berperan sebagai Nico Toscani, Steven yang memang merupakan seorang Master Aikido Ban Hitam - Dan 7, menyuguhkan gerakan: pelintir, lempar, banting dengan meminjan tenaga lawan, disertai renyahnya bunyi tulang patah atau sendi yang lepas dari tempatnya. Kontan saja penonton di seluruh dunia terperangah melihat aksinya yang cool, calm dan confidence. Film ini mengangkat Steven Seagal ke jajaran atas aktor bela diri dunia

7. Kung-fu Master - Jet Li (1991)
Film yang juga dikenal dengan judul Once Upon a Time in China ini, mengangkat kisah kepahlawanan Wong Fei Hung (Jet Li), yang memang benar-benar merupakan seorang tokoh sejarah. Dalam film ini Kharisma dan keterampilan kung-fu Jet Li memukau dunia dan mengangkat nama bela diri Wushu menjadi sangat populer di dunia. Jet yang memang merupakan seorang juara Wushu, kini termasuk aktor Asia yang berhasil berkiprah di dunia perfilman International.
Beberapa sequel selanjutnya:Once Upon a Time in China II (1992),
Once Upon a Time in China III (1993),
Last Hero in China (1993),
Once Upon a Time in China & America

8. Crouching Tiger, Hidden Dragon - Chow Yun Fat, Michelle Yeoh(2000)
Film yang disutradai oleh Ang Lee ini merupakan tonggak sejarah penting dalam dunia per-filman bela diri. Dimana untuk pertama kalinya, sebuah film kategori "Wuxia" (silat jaman dulu) mendapat pengakuan international, bahkan memenangkan lebih dari 40 penghargaan, diantaranya: Academy Award untuk kategori film berbahasa asing terbaik, serta tiga Penghargaan Academi lainnya. Juga mendapat nominasi enam Penghargaan Academy Award, termasuk film dengan gambar terbaik. Film ini juga memenangkan tiga BAFTA dan dua Golden Globes, satu untuk "Film Asing Terbaik" dan tambahan nominasi untuk 10 BAFTA, termasuk "Gambar Terbaik".
Spontan saja film yang menampilkan akting menawan dari Chow Yun Fat yang berperan sebagai Master Li Mu Bai dari Wu-Tang, serta didukung oleh aksi bela diri fantastis dari Michelle Yeoh sebagai adik seperguruannya yang bernama Yu Shu Lien, membuka lembaran baru bagi film jenis Wuxia ke kancah dunia International. Ditambah lagi dengan kecantikan dan akting yang menghipnotis dari Ziyi Zhang yang berperan sebagai Jiao Long.
Film ini bercerita mengenai kisah cinta yang rumit serta penuh intrik, serta ambisi Jiao Long dalam menguasai Pedang Pusaka milik Li Mu Bai, untuk menjadi pesilat tanpa tanding.
Tidak mengherankan kalau film ini menjadi standard acuan bagi orang asing dalam menggambarkan film Wuxia. Sehingga kalau kita mengajak mereka menonton film Wuxia, mungkin akan lebih mudah mengatakan," Let's watch that Crounching Tiger, Hidden Dragon type of movie" dan mereka akan dengan mudah mengerti!

9. Ong-Bak - Tony Jaa (2003)
Saat perfilman bela diri dipenuhi oleh luwesnya gerakan Wushu, gerakan Karate dan Aikido. Tiba-tiba Tony Jaa datang menggebrak dengan bela diri tradisional Thailand, Muay Thai atau Thai Boxing. Di film ini Tony berperan sebagi Ting, seorang pemuda ahli bela diri dari sebuah desa yang ditugaskan membawa kembali patung kepala Budha yang dicuri. Pada film ini, bukan hanya gerakan "keras" dan "mantap" Tony yang membuat penonton terkesima, namun juga gerakan akrobatiknya yang sangat luar biasa. Film ini juga menampilkan penyutradaraan, alur cerita dan adegan action yang sangat baik, bahkan mengejutkan untuk sebuat film produksi Thailand pada saat itu.
Pada tahun 2008, sequel dari Ong-Bak dengan judul Ong-Bak 2 dirilis, namun menampilkan latar belakang cerita yang sangat berbeda. Film ini menampilkan cerita silat jaman dahulu kala, sedangkan Ong-Bak pertama adalah film bela diri modern. Pada film ini Tony Jaa memperagakan hampir segala jenis ilmu bela diri, karena secara profesional ia memang mempelajari semua itu.

10. Ip Man - Donnie Yen (2008)
Film ini menampilkan Ip Man (Donnie Yen) dan bela diri Wing Chun yang sangat berperan besar dalam membesarkan nama aktor legendaris Bruce Lee. Karena Ip Man adalah seorang master bela diri yang mengajarkan dasar bela diri Wing Chun kepada Bruce Lee. Disini Yen dengan sangat baiknya memerankan Ip Man yang berkharisma, dengan pembawaan kalem, tenang dan cenderung santai. Memberinya ciri khas tersendiri. Yen yang memang merupakan seorang ahli bela diri dari keluarga ternama di dunia persilatan, menampilkan gerakan tangannya yang sangat cepat dalam melontarkan pukulan bertubi-tubi di dalam film ini, hal tersebut membuat banyak penonton terkesima.
Pada Tahun 2010, sequel dari Ip Man dibuat dengan judul Ip Man 2, diperankan sendiri oleh Donnie Yen
Pada Tahun yang sama, dirilis pula sebuah film yang mengisahkan awal perjalan Ip Man sebelum menjadi seorang master, berjudul The Legend is Born: Ip Man. Diperankan oleh praktisi Wing Chun dan juara kung-fu kelas dunia termuda di Hong Kong, Dennis To. Film ini diramaikan dengan penampilan putra tertua Ip Man, bernama Ip Chun yang berperan sebagai tokoh Wing Chun Legendaris Leung Bik.

Sumber: kaskus.us

1 komentar: